Catatan Kosong

 Hari ini saya memenuhi janji yang saya teriakkan dalam hari kemarin, saya akan belajar konsisten untuk melatih persistensi saya juga. Memang saya akui, saya belum bisa membaca buku karena saya menunggu klik untuk mencari judul yang bisa merebut mata dan hati saya untuk membaca. Ya...memang itu salah, namanya juga berusaha. seperti halnya kita di masa kecil, ketika ingin menguasai tehnik bersepeda, maka kita harus melalui fase jatuh dan cidera. Tidak melulu harus keduanya dirasakan, namun menilik dari beberapa cerita teman, hampir semua mengalami kedua hal tersebut sebelum akhirnya kita semua bisa menaiki kendaraan dua roda dengan tenaga kaki tersebut. Beberapa berakhir dengan trauma untuk menaiki sepeda, sampai tua. Tidak salah, hidup memang pilihan.

Kembali pada konsistensi dan persistensi, rupanya saya masih terbuai dengan kebiasaan malas dan serba cepat. Pun ketika menemukan sebuah artikel, dahulu sangat mudah bagi saya untuk menyimpulkan hanya dengan membaca tajuk atau judul saja. Itu berbahaya. Dunia dimasa ini sudah dipenuhi oleh apa yang di lingkungan Youtube, sebuah aplikasi yang "lebih dari TV", disebut Click Bait. Sebuah tehnik copywrite yang fokus pada permainan kata pada tajuk, untuk menarik perhatian yang membaca. terkadang Clickbait ini hanya diartikan sesuai dengan kemauan penyusun artikel atau content yang dibuat, yang terkadang berbelok arah dari apa yang akan disampaikan. Murni hanya untuk merebut perhatian saja. Jikahal ini terjadi, kita seperti diarahkan untuk membaca sebuah catatan kosong. tidak ada maksud atau arah bahkan informasi yang didapat, hanya sebagai sebuah penarik perhatian semata, kehilangan makna.



Maka apa yang perlu diperbaiki?

Setidaknya saya hanya bisa bercermin pada diri saya sendiri, dunia belakangan sangat sensitif untuk melakukan generalisasi sifat dan sikap kepada setiap yang hidup. Benar, maksud saya disini tidak hanya manusia, namun juga hewan dan tumbuhan. Semua serba sensitif, meskipun memang hanya diperdebatkan oleh kita, para manusia saja.

Saya mengambil keputusan untuk mulai menemukan "click" saya dengan sebuah buku, mendalami, menyelami, terkadang membuat catatan kecil, dan akhirnya memahami keseluruhan isi buku. Harapan saya, setidaknya saya ingin mengobati penyakit "lupa" saya, berujung pada perbaikan keterrampilan untuk konsisten dan persisten. Di dunia yang serba cepat dan mudah ini, sangat mudah bagi saya untuk kehilangan fokus, berganti perhatian, atau bahkan malas untuk memulai sesuatu.

biarlah ini menjadi terapi saya, untuk tidak lagi membuat "catatan kosong", yang bahkan hanya tersusun di ruang pikiran saya saja. Semoga


Selamat mencoba 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Politik Domestik dan Pembentukan Strategi Kontraterorisme

Tehnik Pengambilan Sample dalam Penelitian

Grand Strategy Making Process